Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 dan PDF

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 – Kemampuan mengekspresikan diri, mengemukakan pendapat, serta merancang suatu gagasan terkadang dibutuhkan. Semua bisa dilakukan secara tertata ketika Kamu memahami materi Bahasa Indonesia kelas 11.

Jika sebelumnya Kamu sudah belajar mulai dari bab 1 sampai 4, maka sekarang saatnya membahas materi lanjutan. Nantinya materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 tersebut akan berfokus pada bab 5 sampai 8.

Tidak hanya belajar melalui materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dalam rangkuman, tetapi Kamu juga bisa cek buku PDF dari setiap bab-nya. Dengan demikian, segala poin penting dalam kegiatan belajar mengajar lebih mudah dipahami.

Lantas, apa saja isi materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2? Supaya dapat dijadikan bahan belajar bagi semua siswa, maka sudah Kami jabarkan materinya secara lengkap. Bahkan rangkuman serta link download PDF juga disertakan pada pembahasan berikut.

Kumpulan Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2

Kumpulan Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2
source image: akupintar.id

Sebagai tahap pengenalan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2, maka siswa kelas XI SMA dianjurkan untuk mengetahui apa saja materi yang akan dibahas. Seperti penjelasan sebelumnya, materi akan dijabarkan dengan melanjutkan pembahasan di semester 1.

Adapun mata KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 akan dimulai dari bab 5 sampai bab 8. Detail mengenai kumpulan materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 bisa dicek melalui penjelasan berikut.

Bab 5 Mempersiapkan Proposal

Bab 5 dengan topik Mempersiapkan Proposal adalah materi pertama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khusus kelas 11 di smt 2. Siswa akan belajar bagaimana caranya memaparkan suatu tujuan hingga rencana kegiatan secara sistematis melalui karya tulis.

Adapun sub-bab 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 terdiri dari:

  • Belajar (Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Proposal Kegiatan atau Penelitian)
  • Belajar (Melengkapi Informasi dalam Proposan Secara Lisan)
  • Belajar (Menganalisa Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal)
  • Mencoba (Merancang Sebuah Proposal Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah)

Bab 6 Merancang Karya Ilmiah

Bab 6 dengan topik Merancang Karya Ilmiah adalah materi selanjutnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2. Nantinya siswa akan belajar cara membuat sebuah karya tulis sistematis berdasarkan pengamatan serta penelitian objektif atas suatu tema.

Adapun sub-bab 6 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2, terdiri dari:

  • Belajar (Mengidentifikasi Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah yang Dibaca)
  • Belajar (Merancang Informasi, Tujuan, dan Esensi dalam Karya Ilmiah)
  • Belajar (Menganalisa Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah)
  • Mencoba (Menginstruksi Sebuah Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Isi Sistematika, dan Kebahasaan Karya Ilmiah)

Bab 7 Menilai Karya Melalui Resensi

Bab 7 dengan topik Menilai Karya Melalui Resensi adalah materi berikutnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2. Siswa akan belajar bagaimana mengulas suatu karya baika dari segi isi, kelebihan, maupun kekurangannya.

Adapun sub-bab 7 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2, antara lain:

  • Belajar (Membandingkan Isi Berbagai Resensi untuk Menemukan Sistematika Sebuah Resensi)
  • Belajar (Menyusun Sebuah Resensi dalam Dua Karya yang Berbeda)
  • Belajar (Menganalisa Kebahasaan Resensi dalam Dua Karya yang Berbeda)
  • Mencoba (Mengonstruksikan Sebuah Resensi dari Buku Kumpulan Cerita atau Novel yang Dibaca)

Bab 8 Bermain Drama

Bab 8 dengan topik Bermain Drama adalah materi terkahir pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2. Siswa akan mencoba berperan sebagai suatu tokoh yang melakukan percakapan sesuai peristiwa di dalam sebuah cerita.

Adapun sub-bab 8 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2, yaitu:

  • Belajar (Menganalisis Alur Cerita, Tiap, dan Konflik dalam Drama yang Dibaca atau Ditonton)
  • Mencoba (Mempertunjukan Salah Satu Tokoh dalam Drama yang Dibaca atau yang Ditonton secara Lisan)
  • Belajar (Menganalisis isi dan Kebahasaan dalam Drama yang Dibaca atau Ditonton)
  • Mencoba (Mendemonstrasikan Sebuah Naskah Drama dengan Memperhatikan Isi dan Kebahasaan)
  • Belajar (Menyusun Ulasan dari Buku yang Dibaca)

Semua materi di atas nantinya akan diterima oleh siswa kelas XI selama mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2. Lantas, adakah rangkuman dari setiap bab pada materi kelas 11 semester 2 tersebut?

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 PDF

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 PDF
source image: artikel.rumah123.com

Berhubung Kamu sudah mengetahui apa saja isi materi Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2, maka tibalah saatnya belajar kembali melalui rangkumannya. Semua rangkuman berisi poin penting dari setiap bab sehingga mudah dipahami oleh siswa kelas 11 semester 2.

Selain itu, rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2 ini juga dapat diunduh dalam format PDF maupun DOC sehingga dapat dijadikan sebagai sarana belajar. Supaya dapat diketahui oleh semua siswa maupun guru, berikut adalah daftar beberapa rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2.

Rangkuman Bab 5 Bahasa Indonesia Kelas 11

Berikut merupakan rangkuman materi bab 5 Bahasa Indonesia kelas 11.

A. Menganalisis Informasi Penting di Proposal Kegiatan atau Penelitian

Proposal merupakan rencana kegiatan yang ditulis dalam bentuk rancangan terstruktur. Ada banyak kegiatan yang bisa ditulis proposal, salah satunya adalah kegiatan-kegiatan di sekolah.

Ketika membuat proposal, ada bagian-bagian yang perlu ditulis, antara lainnya:

  • Judul
  • Latar belakang
  • Rumusan masalah
  • Nama kegiatan
  • Tema kegiatan
  • Tujuan kegiatan
  • Landasan kegiatan
  • Waktu dan tempat pelaksanaan

Sebelum membuat, penulis wajib mencari berbagai informasi yang bakal ditulis di dalam proposal. Misalnya waktu, tema, nama kegiatan, dan lain sebagainya.

B. Melengkapi Informasi dalam Proposal Secara Lisan

Dalam mencari informasi, tentu semua anggota di dalam kegiatan turut serta. Setelah diperoleh informasi, kemudian dikumpulkan menjadi satu dan didiskusikan bersama-sama.

Selama diskusi, tiap anggota boleh melengkapi berbagai informasi yang terbaru. Nantinya semua informasi bisa dikembangkan jadi proposal.

C. Menganalisa Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal

Setelah proposal jadi, tentu perlu dianalisa secara cermat. Mulai dari analisa isi, sistematika, hingga kebahasaan proposal. Setiap poin tersebut juga perlu didiskusikan bersama-sama.

Ada banyak analisa isi yang perlu diperbaiki, seperti judul, tujuan, manfaat, hingga waktu pelaksanaan kegiatan. Kemudian di analisa sistematika di beberapa struktur yang ada. Lalu, analisa kebahasaan seperti kata, kalimat, dan paragraf.

D. Membuat Proposal Karya Ilmiah

Jika sudah yakin dengan semua tahapan di atas, para siswa bisa merancang sebuah proposal dengan baik. Namun, ada beberapa hal penting sebelum itu, yakni:

  • Informasi
  • Tujuan
  • Esensi karya ilmiah

Rangkuman Bab 6 Bahasa Indonesia Kelas 11

Berikut merupakan rangkuman materi bab 6 Bahasa Indonesia kelas 11.

A. Menganalisis Informasi, Tujuan, serta Esensi Karya Ilmiah yang Dibaca

Karya ilmiah merupakan tulisan yang diperoleh dari kegiatan menulis dengan menerapkan aturan ilmiah. Adapun bentuk penyajiannya terbagi menjadi tiga jenis, yakni bentuk populer, bentuk semiformal, serta bentuk formal.

Karya ilmiah dengan bentuk populer disebut sebagai karya tulis yang memiliki bentuk manasuka. Secara umum untuk ragam bahasa bersifat santai dan bentuknya ringkas.

Adapun bentuk semiformal, secara umum karya ilmiah yang punya struktur yang sudah ditentukan. Setidaknya memuat halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasaan, simpulan, daftar pustaka.

Sedangkan bentuk formal sebuah karya ilmiah dengan memenuhi unsur-unsur kelengkapan akademis secara lengkap. Contoh karyanya adalah skripsi, tesis, atau disertasi.

B. Merancang Informasi, Tujuan, serta Esensi di Karya Ilmiah

Dalam penulisan karya ilmiah, kita wajib menyajikan masalah-masalah secara objektif dan faktual. Lalu, secara berpikirnya juga harus sistematis serta logis.

Supaya semua pembahasan di karya ilmiah memuat sesuatu yang rasional, maka seorang penulis harus mencari data lengkap dengan tingkat kebenaran. Ada yang bisa dilakukan, antara lainnya mencari pendapat-pendapat ahli atau bisa menyesuaikan dengan sumber bacaan terpecaya.

C. Menganalisa Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah

Tujuan utama dari penulisan karya ilmiah itu sendiri yakni mempublikasikan suatu ilmu pengetahuan pada masyarakat. Salah satunya dengan menyampaikan di diskusi tertutup atau terbuka.

Melalui forum diskusi, maka penulis akan memperoleh berbagai informasi dari suatu karya ilmiah. Tentunya, informasi tersebut dilengkapi data-data yang telah beredar di berbagai media.

D. Menginstruksi Sebuah Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Isi Sistematika, dan Kebahasaan Karya Ilmiah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa karya ilmiah berisi banyak hal, asalkan objektif serta fakta. Semua masalah yang tercantum di karya ilmiah pastinya mencakup berbagai hal bersifat empiris, seperti:

  • Keagamaan
  • Bahasa
  • Budaya
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Politik
  • Alam sekitar

Masing-masing masalah karya ilmiah di atas memiliki sistematika dan kebahasaan berbeda. Hanya saja perlu dibedakan dari jenisnya, apakah populer, semiformal, atau formal.

Rangkuman Bab 7 Bahasa Indonesia Kelas 11

Berikut merupakan rangkuman materi bab 7 Bahasa Indonesia kelas 11.

A. Membedakan Isi dari Beberapa Resensi

Resensi adalah pertimbangan/penilaian secara tertulis mengenai baik buruk dari suatu karya. Adapun karya yang dinilai berupa buku nonfiksi atau fiksi. Keduanya bisa dinilai dari berbagai pandangan.

Saat melakukan pertimbangan, kita bisa membandingkan antara karya satu dengan lainnya. Namun, harus sama-sama topik atau tema yang diangkat oleh penulis itu sendiri.

B. Menyusun Sebuah Resensi dalam Dua Karya Berbeda

Ketika sudah menemukan dua karya berbeda, kemudian kita bisa menyusun sebuah resensi. Ada beberapa unsur di dalam resensi, antara lainnya:

  • Judul
  • Identitas buku
  • Pendahuluan
  • Inti/isi resensi
  • Keunggulan buku
  • Kekurangan buku
  • Penutup

C. Menganalisa Kebahasaan Resensi dalam Dua Karya Berbeda

Selain unsur-unsur di atas, seorang resensi bisa menganalisa kebahasaan dari dua karya berbeda. Secara umum ada empat kaidah kebahasaan di teks resensi, seperti berikut:

  • Konjungsi penerangan
  • Konjungsi temporal
  • Pernyataan saran
  • Konjungsi penyebab

D. Mengonstruksikan Sebuah Resensi dari Buku Sastra

Ketika sudah memahami beberapa langkah dalam meresensi, selanjutnya kita bisa menginstruksi sebuah buku karya sastra, baik itu cerita pendek atau novel. Keduanya tentu punya kualitas berbeda dan bisa diresensi.

Adapun struktur penyajian resensi di buku kumpulan cerita pendek meliputi:

  • Identitas buku
  • Ikhtisar atau hal-hal menarik dari novel
  • Memberi penilaian, atau kelebihan dan kekurangan
  • Menyimpulkan resensi

Rangkuman Bab 8 Bahasa Indonesia Kelas 11

Berikut merupakan rangkuman materi bab 8 Bahasa Indonesia kelas 11.

A. Menganalisis Alur Cerita, Babak Demi Babak, serta Konflik dalam Drama

Drama merupakan sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan serta watak melalui peran dan dialog. Pementasan drama secara umum dipentaskan di atas panggung dan ditonton banyak orang.

Ketika seseorang ingin belajar drama, maka perlu memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

  • Alur cerita
  • Mengetahui watak tiap tokoh
  • Menganalisis isi serta kebahasaan
  • Menampilkan sebuah naskah drama

B. Mempertunjukan Salah Satu Tokoh dalam Drama

Sebelum pentas di atas panggung, perlu dibuat naskah drama. Penulis pun bisa mengadaptasi beberapa karya yang telah termuat di dalam buku, contohnya cerita pendek, dongeng, atau novel.

Selain itu, penulis juga langsung membuatnya dari pengalaman pribadi atau orang lain. Namun, syaratnya kita perlu mengubahnya seperti waktu, nama tokoh, alur, bahkan isinya.

C. Menganalisis isi serta Kebahasaan dalam Drama

Setelah membuat naskah drama, selanjutnya kamu bersama dengan teman bisa menganalisis isi serta kebahasaan yang dipakai. Fungsinya adalah pementasan drama bisa lebih baik.

Adapun analisis paling utama di naskah drama yaitu tema. Di mana bagian tersebut menjadi ide dasar serta pangkal tolok pengarang dalam merangkai cerita.

Tema naskah drama merujuk dengan sesuatu yang menjadi persoalan. Ada dua jenis tema, yakni tema utama dan tema tambahan.

Silahkan gunakan beberapa rangkuman di atas sebagai sarana belajar siswa kelas 11 sehingga materi Bahasa Indonesia lebih mudah dipahami. Selain itu, para guru juga dapat menjadikan rangkuman tersebut sebagai bahan ajar ketika berada di dalam kelas.

Download Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 PDF

Selain belajar langsung melalui pembahasan di atas, Kamu juga bisa mempelajari materi Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2 ini secara fleksibel dimanapun kapanpun. Pasalnya segala materi tersebut sudah dikonversi ke dalam format PDF sehingga lebih mudah diakses.

Kamu bisa download file PDF materi Bahasa Indonesia kelas 11 tadi secara langsung melalui link aktif serta bisa memilih sesuai kurikulum di sekolah, baik Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka.

Supaya dapat menjadi jembatan akses bagi semua pengguna, berikut tautan untuk download file PDF materi Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka.

Silahkan gunakan link di atas untuk download seluruh atau sebagian materi Bahasa Indonesia kelas 11 smt 2 tadi sesuai kebutuhan. Alhasil, Kamu sudah memiliki media pembelajaran guna menunjang KBM Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2.

Kesimpulan

Setelah menyimak semua pembahasan di atas, Kamu sudah tahu apa saja isi materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 beserta rangkumannya. Selain itu, Kamu juga bisa belajar secara materi Bahasa Indonesia secara fleksibel melalui link download file PDF.

Materi tadi hanya segelintir dari segudang ilmu bermanfaat yang bisa www.rightsoup.id berikan. Apabila Kamu masih membutuhkan bahan ajar atau belajar lainnya, baik di Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka, jangan lupa cek update terbaru dari Kami.

Bagikan:

Setyawan

Seorang pengajar yang sudah berpengalaman 15 tahun dalam dunia pendidikan.