Cara Membuat RPPH PAUD – Rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang disusun oleh guru PAUD untuk mengelola kegiatan bermain anak dalam satu hari disebut RPPH. Di mana rencana ini harus memuat komponen-komponen yang ditetapkan oleh kurikulum 2013.
Komponennya terdiri dari identitas program, materi, alat dan bahan, pelaksanaan kegiatan belajar, hingga rencana penilaian. Semuanya dimasukkan menjadi satu di RPPH PAUD supaya ada perencanaan pasti.
Sebagai guru PAUD tentunya harus tahu cara membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Nantinya, dari semua perencanaan tersebut dijadikan sebagai bahan referensi supaya pembelajaran bisa berjalan dengan terstruktur dan pastinya sesuai harapan.
Lalu, bagaimana cara membuat RPPH PAUD yang menarik dan efektif? Bagi para guru PAUD, silakan bisa simak artikel ini, karena kami akan memberikan tips dan langkah-langkah dalam membuat RPPH PAUD yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini.
Pengertian dan Komponen RPPH PAUD
RPPH PAUD adalah dokumen perencanaan yang dibuat oleh guru PAUD untuk mengatur kegiatan pembelajaran anak dalam satu hari. RPPH PAUD merupakan turunan dari RPPM PAUD (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) yang disesuaikan dengan tema, sub-tema, dan sub-sub tema yang dipilih.
RPPH PAUD bertujuan untuk memberikan arahan bagi guru PAUD dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, dan berkualitas bagi anak usia dini.
Komponen RPPH PAUD terdiri dari:
- Identitas program, yaitu nama lembaga, kelas, semester, minggu, dan hari
- Materi atau muatan pembelajaran, yaitu kompetensi dasar dan indikator yang diturunkan dari kurikulum 2013
- Alat dan bahan, yaitu peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran
- Kegiatan pembukaan, yaitu kegiatan yang dilakukan di awal pembelajaran untuk menstimulasi minat, motivasi, dan kesiapan anak
- Kegiatan inti, yaitu kegiatan yang dilakukan di tengah pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi dasar anak melalui pendekatan saintifik
- Kegiatan penutup, yaitu kegiatan yang dilakukan di akhir pembelajaran untuk merefleksikan, mengevaluasi, dan menguatkan hasil pembelajaran
- Rencana penilaian, yaitu rencana untuk mengukur perkembangan anak berdasarkan indikator yang telah ditetapkan
Contoh format RPPH PAUD adalah sebagai berikut:
Identitas Program | Keterangan |
---|---|
Nama Lembaga | PAUD ABC |
Kelas | Kelompok A |
Semester | 1 |
Minggu | 1 |
Hari | Senin |
Materi atau Muatan Pembelajaran | Keterangan |
---|---|
Tema | Diriku |
Sub-Tema | Tubuhku |
Sub-Sub Tema | Bagian Tubuhku |
Kompetensi Dasar | 1.1 Mengenal bagian tubuh sendiri dan orang lain |
Indikator | 1.1.1 Menyebutkan nama bagian tubuh sendiri dan orang lain |
Alat dan Bahan | Keterangan |
---|---|
Alat | Boneka, cermin, gambar bagian tubuh, kartu nama bagian tubuh, lagu “Aku Punya Tubuh” |
Bahan | Kertas, pensil, gunting, lem |
Kegiatan Pembukaan | Keterangan |
---|---|
Waktu | 10 menit |
Kegiatan | Guru menyapa dan mengabsen anak dengan menggunakan boneka sebagai media |
- Guru memperkenalkan tema, sub-tema, dan sub-sub tema yang akan dipelajari hari ini
- Guru mengajak anak untuk menyanyikan lagu “Aku Punya Tubuh” sambil menunjuk-nunjuk bagian tubuh
- Guru menanyakan kepada anak apa saja nama bagian tubuh yang mereka ketahui
Kegiatan Inti | Keterangan |
---|---|
Waktu | 40 menit |
Kegiatan | Guru membagi anak menjadi beberapa kelompok kecil |
- Guru memberikan setiap kelompok sebuah cermin dan gambar bagian tubuh
- Guru meminta anak untuk mengamati bagian tubuh mereka sendiri dan teman-teman mereka dengan menggunakan cermin
- Guru meminta anak untuk menyandingkan gambar bagian tubuh dengan nama bagian tubuh yang ada di kartu
- Guru meminta anak untuk menempelkan gambar dan kartu bagian tubuh di kertas sesuai dengan urutan dari atas ke bawah
- Guru meminta anak untuk mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas
Kegiatan Penutup | Keterangan |
---|---|
Waktu | 10 menit |
Kegiatan | – Guru memberikan pujian dan apresiasi kepada anak atas partisipasi dan kreativitas mereka |
- Guru menanyakan kepada anak apa yang mereka pelajari hari ini
- Guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh yang telah dipelajari
- Guru memberikan tugas rumah kepada anak untuk menggambar bagian tubuh mereka sendiri di buku gambar
Rencana Penilaian | Keterangan |
---|---|
Teknik | Observasi |
Instrumen | Daftar cek |
Indikator | 1.1.1 Menyebutkan nama bagian tubuh sendiri dan orang lain |
Cara Membuat RPPH PAUD dengan Mudah
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai arti dari RPPH PAUD, selanjutnya kamu bisa membuat rencana tersebut. Di mana untuk membuat RPPH PAUD tidaklah sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Menentukan Tema, Sub-Tema, dan Sub-Sub Tema
Langkah pertama pilih tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari anak, seperti diriku, keluargaku, lingkunganku, dan sebagainya. Sub-tema dan sub-sub tema adalah penjabaran dari tema yang lebih spesifik dan konkret, seperti tubuhku, rumahku, tanaman, dan sebagainya.
2. Menurunkan Kompetensi Dasar
Langkah kedua, guru bisa menurunkan kompetensi dasar menjadi Materi atau Muatan Pembelajaran. Adapun rujukan yang dipakai adalah kurikulum 2013 yang telah menetapkan kompetensi dasar untuk setiap aspek perkembangan anak, yaitu religius, moral, kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial emosional, dan seni.
3. Menyiapkan Alat dan Bahan
Langka ketiga, siapkan alat beserta bahan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Kamu bisa memilih alat dan bahan yang sesuai dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan. Alat dan bahan harus aman, mudah didapat, dan menarik bagi anak.
4. Menyusun Urutan Pembelajaran
Langkah keempat, susun urutan pembelajaran mulai dari pembukaan, inti kegiatan, hingga penutup. Guru dapat merancang kegiatan pembelajaran yang melibatkan anak dalam proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.
5. Merencanakan Penilaian Perkembangan Anak
Langkah kelima atau terakhir rencanakan penilaian yang autentik dan berkelanjutan. Kamu bisa menilai perkembangan anak berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Kamu dapat menggunakan teknik yang sesuai, seperti observasi, wawancara, tes, atau portofolio.
Tips Membuat RPPH PAUD yang Menarik & Efektif
Membuat RPPH PAUD yang menarik dan efektif membutuhkan kreativitas dan inovasi dari guru PAUD. Berikut merupakan tips-tips yang bisa diterapkan oleh guru:
1. Sesuaikan RPPH PAUD
Tips pertama yakni menyesuaikan RPPH PAUD dengan karakteristik, minat, dan bakat anak. Dengan ini maka bisa mengenal lebih dekat anak-anak dengan melakukan observasi, wawancara, atau tes minat dan bakat. Pembuatannya harus meliputi tema, sub-tema, dan sub-sub tema yang sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak-anak.
2. Gunakan Metode, Media, dan Sumber Belajar
Tips kedua, gunakan metode, media, beserta sumber belajar bervariasi dan kreatif. Dapat juga mengganti metode yang monoton dengan metode yang lebih menarik dan interaktif, seperti bermain peran, simulasi, atau demonstrasi. Lalu dapat membuat media yang menarik dan kreatif, seperti puzzle, kartu kata, atau poster.
3. Libatkan Anak Dalam Proses Pembelajaran
Tips ketiga, laksanakan kegiatan belajar secara aktif, interaktif, dan menyenangkan supaya anak terlibat. Kamu bisa memberikan pertanyaan yang menstimulasi rasa ingin tahu dan kreativitas anak. Kamu dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau berbagi pengalaman dengan teman-teman mereka.
4. Berikan Umpan Balik
Tips keempat, berikan umpan balik secara positif dan konstruktif kepada anak. Guru bisa memberikan pujian, apresiasi, atau penghargaan kepada anak atas usaha dan hasil yang mereka capai. Dapat pula memberikan saran, kritik, atau koreksi kepada anak secara sopan dan bijak.
5. Evaluasi dan Revisi RPPH PAUD
Tips terakhir, buat evaluasi beserta perbaikan RPPH PAUD sesuai dengan hasil penilaian. Dengan ini guru bisa mengevaluasi perkembangan anak berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Lalu dapat merevisi RPPH PAUD jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau disesuaikan.
Download Contoh RPPH PAUD PDF
Agar para guru bisa lebih mudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, kami akan berikan file contoh rencana PAUD tersebut. Di mana untuk dapatkan file ini cukup klik tautan download di bawah ini:
Kumpulan Gambar Mewarnai PAUD & TK:
Gambar Tempat Rekreasi Untuk Mewarnai Anak TK dan PAUD | Gambar Mewarnai Boba Terbaru Untuk Anak PAUD |
Gambar Mewarnai Kupu-Kupu Untuk Anak PAUD | Gambar Mewarnai Garuda Pancasila Mudah dan Menarik |
Kesimpulan
Membuat RPPH PAUD adalah salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh guru PAUD. RPPH PAUD harus disusun dengan baik dan benar sesuai dengan kurikulum 2013 dan kebutuhan anak usia dini.
Dengan membuat RPPH PAUD yang menarik dan efektif, guru PAUD dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Semoga artikel ini membantu guru dalam membuat RPPH PAUD yang berkualitas. Selamat mencoba dan terus berkarya!